Melatih kecepatan kita memang terbukti bisa membuat tubuh lebih terasa ringan dan lincah sehingga mudah melakukan apapun.

Selain itu, jika lincah kita juga bisa lebih cepat dalam melakukan apapun karena bisa bergerak dari satu posisi ke posisi lain dengan lebih cepat.

Ada orang yang memang terlahir sangat lincah sehingga mudah melakukan apapun namun ada pula yang tidak.

Namun, bukan berarti kalian yang tidak terlahir gesit tak bisa memiliki kecepatan seperti mereka. Hal ini juga bisa dilatih loh.

Nah, untuk kalian yang saat ini ingin melatih kecepatan dan kelincahan kalian, di bawah ini ada beberapa olahraga melatih kecepatan yang bisa kalian lakukan sehari-hari.

1.Lempar Tangkap

Lempar Tangkap

Lincah dan cepat ternyata juga harus memiliki reflex yang baik. Namun sayangnya tak semua orang bisa melakukan hal ini atau terlahir dengan bakat ini.

Namun, reflex juga bisa dilatih dan ditingkatkan dengan melakukan olahraga seperti olahraga lempar tangkap ini.

Caranya juga sangat mudah dan menyenangkan. Kalian bisa menggunakan bola tenis sambil berdiri menghadap tembok dengan jarak 2 – 3 meter saja.

Lempar bola tersebut hingga memantul lalu tangkap. Lakukan hal ini berulang-ulang dengan sudut lemparan yang berbeda-beda.

Jika mau, kalian juga bisa meminta bantuan orang lain seperti keluarga atau teman kalian untuk melempar bola agar lebih sulit ditebak.

Walaupun sederhana dan terdengar seperti permainan, namun latihan ini bisa mengasah reflex dan gerakan tubuh kita loh.

2.Pliometrik

Pliometrik

Pliometrik sebenarnya merupakan bentuk latihan kecepatan yang mengharuskan kalian bergerak lebih aktif dan melompat untuk meningkatkan reflex peregangan di kaki.

Kalian bisa melakukannya dengan alat maupun tanpa alat. Misalnya kalian melompat dengan kotak di depan sebagai rintangan.

Atau, kalau mau mudah kalian juga bisa melakukan lompat tali, squad sambil memegang bola, dan masih banyak lagi.

Walau terdengar mudah, namun sebenarnya latihan ini bisa menciptakan risiko cedera yang cukup tinggi sehingga sebaiknya kalian lebih berhati-hati ya.

Pastikan juga kalian melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga ini setidaknya selama 5 menit. Kalian juga harus menggunakan sepatu olahraga yang nyaman supaya lebih enak berlatih.

3.Lunges

Lunges

Latihan ini bisa meningkatkan pergerakan sendi-sendi kalian sekaligus bisa mengencangkan otot tubuh bagian bawah kalian loh.

Cara melakukannya cukup mudah, kalian hanya perlu berdiri tegak dan membuka kaki selebar bahu lalu letakkan tangan di pinggang.

Setelah itu langkahkan kaki kanan ke depan dengan lutut yang tertekuk hingga sudut 90 derajat. Posisikan kaki kiri kalian di belakang kaki kanan dengan posisi lutut yang ditekuk sampai menyentuh lantai.

Lalu, tahanlah posisi ini selama kurang lebih 3 – 5 detik saja. Setelah itum ganti kaki dan ulangi gerakan ini semampu kalian.

Itulah beberapa olahraga yang bisa melatih kecepatan kalian. Latihan ini selain bisa meningkatkan kecepatan, juga bisa menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat loh.

Apalagi, di masa pandemic seperti ini daya tahan sangatlah penting untuk dijaga agar kita tak gampang tertular penyakit dan virus. Lakukanlah olahraga minimal 20 menit sehari. Tak perlu olahraga yang terlalu sulit.

Kalian bisa melakukannya dengan berjalan-jalan di taman atau pergi ke warung dengan jalan kaki agar setidaknya tubuh kalian bergerak, dan ingat untuk tetap pakai masker. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.